Bermain Basket menambah tinggi badan? Fakta atau Mitos?

pemain basket

Tinggi badan adalah salah satu hal yang dapat memengaruhi kepercayaan diri seorang anak. Beragam usaha pun dilakukan orang tua agar sang anak mendapatkan ukuran tubuh yang dianggap ideal. Banyak hal cara yang ingin dilakukan oleh seorang anak pada usia remaja untuk mendapatkan tinggi badan salah satunya yaitu bermain basket.

Namun, tampaknya hal ini masih butuh pembuktian lebih lanjut. Faktanya, bermain basket dan tinggi badan tidak berhubungan secara langsung. Ada beberapa orang pemain basket yang rajin berlatih, tapi tidak memiliki tinggi badan di atas rata-rata.

Jika bermain basket dapat memengaruhi tinggi badan biasanya dikarenakan sering melompat dikarenakan melompat saat main basket dapat membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, dan hormon inilah yang memicu pertumbuhan tinggi badan.

Argumen selanjutnya mengatakan bahwa bermain basket berpengaruh langsung ke tingkat HGH (Human Growth Hormone) di dalam tubuh. HGH adalah hormon yang bertanggung jawab atas pertumbuhan badan. Melompat dan berlari yang dilakukan dalam permainan basket.

Lompat terus-menerus ini juga mengalirkan darah ke bagian-bagian tubuh yang krusial seperti kaki dan tulang belakang. Melompat akan menahan tubuh di udara kemudian diikuti tekanan ketika kamu kembali ke tanah. Hal ini, apabila dilakukan terus-menerus, akan meningkatkan aliran darah ke titik pertumbuhan yang ditemukan di tulang belakang dan kaki, dan akhirnya menambah tinggi badan.

Jika dikatakan olahraga basket dapat menambah tinggi badan, maka secara umum banyak olahraga selain basket yang dapat menambah tinggi badan misalnya voli, skipping, gimnastik, dsb.

Jadi ketika badan bertambah tinggi bukan hanya karena faktor bermain basket tiba tiba tinggi, namun juga ada aktor pendukung lain di antaranya faktor ġenetika, hormon, pola tidur yang tepat, serta menjaga pola makan dengan cara makan makanan bergizi. Perbanyak minum susu atau minuman dan makanan lain yang mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *