Kemuliaan Rasulullah

oleh : Lisa Ria Cahyanti (10 IPA)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Sebelum diangkat menjadi seorang nabi, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah diberi kemuliaan dan anugerah dari Allah Subhanahu wa T’ala. Kemuliaan Nabi Muhammad terlihat ketika gemerlap langit menyambut kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam lahir pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul ‘Awal Tahun Gajah. Bertepatan pada 20 April 571 M. Di tahun inilah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam  lahir di Makkah sebagai anak yatim karena ayahnya yaitu Abdullah, wafat sebelum Rasulullah lahir.

Mengapa kelahiran Nabi Muhammad di tahun gajah?

Karena, saat itu negeri Arab belum memiliki angka tahun. Penamaan tahun diambilkan dari peristiwa besar yang terjadi pada tahun itu. Itulah sebabnya tahun lahir Rasulullah disebut dengan Tahun Gajah karena pada saat itu pasukan gajah dipimpin oleh Abrahah hendak menyerbu dan merobohkan Ka’bah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah utusan Allah yang paling mulia di sisi Allah. Rasullulah SAW memiliki keutamaan yang sangat tinggi, yang tidak bisa dicapai seorangpun dari seluruh makhluk yang lain di alam semesta ini. Di antara keutamaan Rasullulah SAW disebutkan di dalam Al-Qur’an.


Allah Ta’ala berfirman,

لَقَدْجَاءَكُمْرَسُولٌمِنْأَنْفُسِكُمْعَزِيزٌعَلَيْهِمَاعَنِتُّمْحَرِيصٌعَلَيْكُمْبِالْمُؤْمِنِينَرَءُوفٌرَحِيمٌ

“Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (kebaikan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (At-Taubah:12)

Rasullulah adalah orang yang santun, sabar, pemaaf di saat mampu membalas, sabar ketika menjalani musibah, merupakan sifat-sifat yang ditanamkan Allah kepada Rasullulah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Setiap orang pasti memiliki kesalahan dan kekeliruan, namun berbeda dengan Rasulullah, semakin banyak gangguan yang dihadapinya, semakin pula bertambah kesabaran beliau, dan tidak ada kesalahan orang bodoh yang tertuju pada beliau melainkan menambah kemurahan hati beliau.

Beliau juga adalah orang yang paling adil, menjaga kehormatan, paling tepat perkataannya, dan paling dapat menjaga amanah. Bahkan sebelum diangkat menjadi Nabi beliau sudah terlebih dahulu dikenal dengan al-Amin (yang terpercaya), dan beliau juga dijadikan sebagai pemutus perkara pada masa jahiliyah. Selain itu, beliau juga adalah manusia paling rendah hati dan paling jauh dari kesombongan, beliau melarang para sahabatnya berdiri untuk menghormatinya, sebagaimana yang dilakukan bangsa-bangsa lain untuk menghormati raja-raja mereka. Beliau mengunjungi orang-orang miskin dan duduk-duduk bersama orang-orang fakir, beliau juga menghadiri undangan hamba sahaya, duduk di antara para sahabatnya seakan-akan beliau adalah salah satu dari mereka.

Umat nabi Muhammad adalah umat yang terbaik. Allah SWT memberikan banyak keistimewaan kepada umat Nabi Muhammad dibanding umat dari para Nabi terdahulu. Dalam syariat Islam banyak ajaran yang menunjukkan betapa Allah begitu memuliakan umat ini dibanding dengan umat-umat sebelumnya, termasuk Bani Israil. Oleh karena itu, sebagai umat nabi Muhammad kita harusbersyuku.

Dengan cara bagaimana kita bersyukur?

Yaitu dengan mengetahui apa fungsi kita sebagai rahmat seluruh alam,  dengan cara memahami dan mengaplikasikan tentang assunah yang Rasullulah contohkan. Dan tak lupa kita juga harus mengerjakan dengan niatan karena Allah Subhanahu wa T’ala.

Dan masih banyak lagi keutamaan dan kemulian akhlak Rasulullah yang tentunya patut kita contoh, karena dengan akhlak beliau itulah Islam dapat sampai, tersebar keberbagai belahan bumi. Jika ada orang yang benci atau tidak suka dengan beliau, maka dipastikan mereka adalah orang-orang yang tidak mengenal Rasullulah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kata – kata yang salah atau kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *