Mengenali Saus Antara yang Asli dan Palsu

saus

Saus tomat dan sambal menjadi salah satu bahan pelengkap makanan yang digemari oleh hampir semua orang. Apapun makanannya, rasanya akan terasa makin sedap dan nikmat jika disajikan bersama saus tomat dan saus sambal.

Meski saus menjadi bahan pelengkap makanan yang sangat digemari, kita harus berhati-hati dalam memilih dan membeli saus. Di luar sana, tidak sedikit saus yang ternyata mengandung bahan kimia bahkan terbuat dari bahan-bahan yang sangat tidak layak konsumsi. Kualitas saus sambal dan saus tomat bisa dilihat dari tekstur dan rasanya. Sementara dari aromanya sangat sulit karena umumnya saus asli ataupun palsu tidak memiliki bau yang khusus. Ada beberapa tanda yang menunjukkan saus tomat atau sambal ternyata berbahaya.

  1. Kadar kekentalan
    Saus yang palsu ketika dituang akan sangat susah jatuhnya atau seret. Hal ini dikarenakan tekstur saus yang palsu cenderung lebih kental karena biasanya mereka (produsen) menggunakan campuran ubi atau pepaya sehingga saus ketika dituang tidak keluar dengan lancar. Sedangkan saus yang asli teksturnya lebih encer. Alhasil, ketika dituang akan langsung jatuh layaknya menuang minyak.
  2. Berjamur
    Saus yang asli akan lebih mudah berjamur hanya dalam tiga hari jika tidak disimpan dalam kulkas. Jamur lebih cepat muncul di bibir botol yang ada bekas saus sehabis dituang. Sementara yang palsu, mau berminggu-minggu disimpan di ruangan terbuka, tidak akan cepat keluar jamurnya karena memakai zat pengawet yang kuat.
  3. Bawang putih
    Cara paling baik untuk mengenali kualitas saus adalah dengan mencicipinya. Saus yang asli ketika dicicipi, selain rasa bahan utama apakah itu tomat atau cabai, rasa kuat lainnya adalah bawang putih.
  4. Merek dan kemasan
    Konsumen harus benar-benar peka terhadap produk yang dibeli. Perhatikan kemasan dan merek. Perhatikan informasi kesehatan yang tertera pada kemasan, apakah ada nomor register dari BPOM, Kementerian Kesehatan, atau MUI untuk sertifikat halalnya, serta masa kedaluwarsa. Beli sedikit mahal tetai terjamin tidak apa apa daripada murah namun itu tidak baik bagi kesehatan.

Itulah beberapa tanda yang bisa dilihat dari saus yang menunjukkan apakah saus itu asli dan aman atau palsu dan berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *