Menjaga Kesehatan Rambut? Mau Tidak?

hair

Anda mungkin mengira menjaga keshatan dan kekuatan rambut harus menggunakan produk mahal atau ke salon. Namun ternyata, yang paling penting dari perawatan rambut adalah memerhatikan kebiasaan yang selama ini dilakukan.

Anda bisa merawat rambut supaya tetap sehat. Namun banyak yang bingung bagaimana cara merawat rambut yang baik dan benar? Karena shampo saja tidak cukup. Butuh usaha ekstra yang lebih namun tidak mahal alias hemat di kantong.

Nah, berikut hal-hal yang teman-teman bisa lakukan:

  1. Cuci rambut
    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci rambut dan memijatkulit kepala. Gunakan shampo ringan yang diformulasikan untuk jenis rambut Anda.
  2. Gunakan kondisioner
    Hindari penggunaan produk kimia berlebih pada rambut seperti proses pengeringan, pewarnaan, dan pelurusan. Penggunaan kondisioner dapat membantu mengatasi masalah ini agar kemilau rambut Anda tetap terjaga dan bersinar.
  3. Bersihkan kulit kepala
    Secara rutin pijatlah rambut dengan minyak esensial yang dihangatkan untuk membantu membersihkan kulit kepala, menghilangkan ketombe, serta melindungi rambut supaya tidak kasar dan kering.
  4. Potong rambut setiap 6-8 Minggu.
    Mengapa demikian? Karena pada rentang waktu tersebut ujung rambut akan semakin kering karena tidak mendapatkan nutrisi sebanyak rambut yang tumbuh di pangkal rambut. Cukup potong 1/2 cm atau sesuaikan dengan kebutuhanmu.
  5. Jaga kelembapan dengan vitamin rambut.
    Jaga kesehatan rambutmu dengan serum untuk melindungi lapisan rambut sekaligus sebagai minyak alami agar rambut Anda tidak mudah kering. Tambahkan vitamin rambut sebagai nutrisi agar rambutmu tetap kuat dan sehat.
  6. Keringkan rambut sebelum keluar ruangan.
    Rambut yang basah akan lebih rentan patah atau rusak. Nah, apa jadinya jika rambut dengan kondisi seperti ini terpapar langsung oleh sinar matahari? maka rambut akan lebih kering, kasar, dan rusak.Lindungi rambut dari paparan sinar matahari Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk perawatan rambut yang sudah ada UV filter untuk melindungi kepala dan rambut Anda.
  7. Rutin menggunakan masker rambut
    Supaya rambut tetap sehat secara konsisten, Anda bisa merawatnya dengan menggunakan booster atau perawatan lanjut seperti masker rambut.

    Cara merawat rambut memang memerlukan usaha dan komitmen yang tidak sebentar. Walau begitu, tips di atas bisa diterapkan untuk mendapatkan helaian rambut yang sehat kuat, bersinar, dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *