Pentingnya Berolahraga di Tengah Pandemi COVID-19

Totok Iswanto, S.Pd – Guru PJOK SMA Islam Al Mizan Surabaya


Menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama yang harus dilakukan setiap masyarakat di tengah pandemi virus corona saat ini. Dalam hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengimbau beberapa upaya yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus yang semakin meluas di masyarakat. Seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, melakukan etika batuk dan bersin yang benar, menjaga asupan nutrisi yang baik, serta melakukan olahraga secara rutin. Kegiatan berolahraga secara rutin, menjadi salah satu upaya efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, seseorang menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang bakteri, kuman maupun virus penyebab penyakit. Kegiatan olahraga ini tentu saja masih dapat dilakukan di rumah, selama kebijakan pembatasan sosial masih dilakukan.

  1. Olahraga Fisik
    Olahraga fisik juga bisa dilakukan di rumah selama pandemi virus corona masih berlangsung. Dengan melakukan olahraga fisik bisa membantu tubuh tetap bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Olahraga fisik juga bersifat ritmis dan berkelanjutan, dengan begitu kebugaran tubuh bisa ditingkatkan. Hal ini tentu saja sangat mendukung untuk mewujudkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Olahraga fisik ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik menggunakan peralatan fitness yang ada di rumah, maupun dengan melakukan gerakan olahraga mandiri seperti jalan cepat, jogging, senam maupun berenang. Namun dalam olahraga fisik, tidak dilanjutkan untuk melakukan secara berlebihan. Sebab dengan latihan yang berlebihan tidak bisa mendapatkan kebugaran, justru dapat mengganggu kondisi kesehatan akibat kelelahan.
  2. Cukupi hidrasi tubuh
    Selama berolahraga, kebutuhan hidrasi juga harus diperhatikan dengan baik. Melakukan kegiatan olahraga tentu dapat membakar kalori dan mengurangi cairan tubuh. Apalagi jika melakukan olahraga fisik, yang melibatkan gerakan aktif seluruh tubuh. Tidak heran jika setelah berolahraga, tenggorokan sering kali terasa haus sehingga ingin minum. Dalam hal ini, dianjurkan untuk minum air putih 30 menit sebelum melakukan olahraga dan setelahnya. Hal ini dilakukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh melalui keringan. Dengan begitu, kebutuhan hidrasi tubuh dapat tercukupi kembali.
  3. Jaga jarak
    Apabila olahraga dilakukan di luar ruangan atau luar rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan selama pandemi virus corona. Hal pertama diperhatikan adalah pastikan tubuh dalam kondisi yang fit untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Kemudian, hal yang kedua adalah wajib mematuhi aturan menjaga jarak fisik dengan dengan orang-orang di sekitar. Terakhir, tentu saja tetap menggunakan masker ketika berolahraga. Ketiga hal tersebut penting diperhatikan, agar kegiatan olahraga di luar ruangan dapat berjalan dengan baik, aman dan sehat. Bukan hanya itu, beberapa langkah tersebut juga dapat menghindarkan diri dari risiko penularan virus dari orang lain. Selain melakukan langkah-langkah di atas, kegiatan olahraga juga sebaiknya menghindari beberapa hal berikut :
  4. Hindari latihan berlebih dengan intensitas yang tinggi
  5. Langsung duduk atau berbaring usai berolahraga
  6. Hindari minum air panas setelah berolahraga
  7. Jangan melakukan olahraga di atas pukul 21.00 atau 9 malam

1 tanggapan pada “Pentingnya Berolahraga di Tengah Pandemi COVID-19”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *