Tidur Larut dan Bangun Kesiangan, Apa Untungnya?

sleeping-man

Apakah Anda suka begadang?
Bangun kesiangan?
Hingga jadi kebiasaan?

Padahal kebiasaan begadang dan bangun kesiangan di keesokan harinya tersebut memiliki risiko dan dampak buruk bagi kesehatan.

Selama ini banyak orang yang hanya mementingkan berapa lama waktu tidur, sehingga mengabaikan pentingnya waktu tidur yang tepat.

Benarkah begitu? Yuk, kita simak faktanya.

Pada saat manusia tidur, tubuh akan memperbaiki kondisi fisik dan mental karena ketika tidur tersebut tubuh melepaskan hormon pertumbuhan. Hormon inilah yang akan membangun massa otot serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Jika Anda adalah orang yang suka tidur larut malam dan bangun juga siang maka segeralah untuk berhenti perlahan. Karena dampak tidur malam dan bangun siang sangat tidak baik selain terhadap kesehatan juga, tetapi juga menganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Berikut beberapa bahaya akibat tidur terlau malam dan bangun siang:

  1. Rasa kantuk di jam produktif
    Dampak buruk begadang menyebabkan kantuk di siang hari akibatnya produktivitas
    berkurang akibat rasa kantuk, lelah, dan malas. Kurang tidur juga dapat memicu
    micro sleep atau tidur sebentar tanpa sadar selama beberapa detik yang tentunya
    sangat berbahaya, terutama bagi orang yang sedang mengemudikan kendaraan.
  1. Sulit berkonsentrasi
    Tingkat kewaspadaan, konsentrasi, bernalar, dan kemampuan memecahkan
    masalah “dirusak” oleh begadang.
  2. Meningkatkan risiko kematian
    Tidur yang hanya berdurasi lima jam, dapat meningkatkan risiko kematian sebesar
    12 persen. Peningkatan risiko ini berlaku untuk semua penyebab kematian,
    terutama kematian yang disebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah.
  3. Melemahkan Sistem Imun
    Ketika Anda tertidur lelap, tubuh akan memproduksi imun yang bisa membantu
    melawan bakteri dan virus. Jika Anda kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuh
    tidak bisa bekerja maksimal. Akibatnya, tubuh lebih mudah “dikunjungi” penyakit.
  4. Sulit mengatur jadwal
    Program kerja yang sudah direncanakan bisa berantakan secara tiba-tiba karena
    rasa kantuk pada jam kerja (produktif) sehingga bisa saja mempengaruhi pekerjaan
    dan karir Anda.
  5. Menurunkan semangat
    Ketika Anda tidur larut malam hari dan bangun kesiangan esok harinya maka Anda
    akan merasa lebih malas.
  6. Cepat letih pada jam-jam yang tidak tertentu
    Karena menghabiskan banyak energi di malam hari maka ketika siang hari selain
    melawan rasa kantuk, Anda akan mengalami letih yang tidak teratur dan berlebihan
    sehingga anda tidak dapat menjalani aktivitas dengan baik.

Wah, ternyata kebiasaan yang tanpa sadar kita anggap remeh ini bisa timbulkan
penyakit juga ya. Mulai saat ini, kurangi begadang dan jangan lupa tidur secukupnya
ya Sahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *