Yuk, Jaga Kesehatan Mata

hijab

Mata adalah salah satu organ indra yang penting bagi manusia. Menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit mata hingga hilangnya penglihatan. Namun, sayangnya kesehatan mata sering diabaikan, padahal caranya tak sulit. Bila sampai terjadi gangguan pada fungsi penglihatan, produktivitas pasti terganggu. Oleh karena itu, agar mata tetap sehat dan Anda tetap produktif setiap hari, sebaiknya rutin dilakukan pengecekan ke dokter spesialis mata meski tak
ada keluhan. Dengan begitu, bila ada gangguan pada mata, itu bisa terdeteksi sedini mungkin. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan mata:

  1. Perhatikan jarak membaca buku.
    Jarak ideal untuk membaca buku adalah 30 cm, terhitung dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah risiko penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat. Hindari pula membaca buku sembari tiduran.
  2. Istirahatkan mata. 
    Usahakan untuk mengistirahatkan mata, terutama saat sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop.
  3. Jangan kucek mata. 
    Usahakan tidak mengucek mata ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang suatu benda. Tangan yang kotor bisa menginfeksi organ mata, sehingga akibatnya akan sangat buruk bagi kesehatan mata Anda.
  4. Penggunaan cahaya yang cukup
    Bekerja dengan pencahayaan minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tetapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Cara menjaga kesehatan mata dengan mengarahkan cahaya terbaik, jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat ketajaman layar monitor.
  5. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
    Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya. Taruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari.
  6. Makanan untuk mata.
    Usahakan mengonsumsi makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini wortel adalah jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

    Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Rawatlah mata Anda karena tanpa itu Anda tidak akan bisa melihat indahnya dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *